Sunday, February 7, 2010

hati-hati kebanyakan oli

hati-hati kebanyakan oli, buat anda yang biasa ganti oli sendiri, ada beberapa hal yang harus di perhatikan.
jangan sampai mengalami apa yang di alami Doni Hardiyanto. setelah ganti oli sendiri, perporma suzuki smash keluaran 2007 milik saya jadi menurun. selain itu, bensin juga jadi boros kata doni.
motornya langsung di bawa ke bengkel suzuki.Doni mengeluhkan motornya dan menceritakanya pada mekanik agus, agus langsung membuka besutan Doni.
Hasil diagnosa yang di lakukan, ternyata kertas yang ada pada pilter udara smash basah karena oli.
Apa yang terjadi pada besutan Doni akibat terlalu banyaknya oli yang di isikan pada bak mesin smash .seharusnya diisi 800 ml oli mesin,
bila diisikan oli ter lalu banyak misalnya sampai 1 liter maka ruang sirkulasi oli dalam bak mesin berkurang, akibatnya membuat pelumas tersedot oleh selang hawa mesin yang muaranya di boks filter udara.
kalau sudah begini, mau tak mau harus merogoh kocek rp 43 ribu untuk beli filter udara baru.
ingin ilmunya bermanfaat bagi orang lain, agus berbaik hati transper ilmu ganti filter udara sendiri, alat yang di perlukan hanya obeng,
langkah pertama buka 3 baut leg shield center memakai obeng plus, yang di lanjutkan dengan melepas 8 baut sayap bodi baik yang kiri maupun yang kanan, kemudian baru melepas 3 baut pengikat boks filter udara pada frame motor juga dengan obeng plus .
buka klem karet yang menuju boks filter udara dari karburator, jadi langkah selanjutnya yang dilakukan agus . paling akhir buka 4 baut yang ada pada kotak filter udara. baru kemudian ganti filter udara. baru yang sudah rusak dengan yang baru.
sumber motorplus.

No comments:

Post a Comment