Thursday, November 12, 2009

YAMAHA VIXION 150


ini baru motor sport
yamaha makin di depan
Yamaha berhasil membuktikan lewat peluncuran V-ixion. Motor sport baru yang mengusung mesin 150 cc 4-tak 4 klep dan sistem suplai bahan bakar secara elektronik injeksi. Wuih… pantas kalau sekarang jadi Semakin Di Depan.

Namanya sudah pasti V-ixion. Ini sesuai janji Bambang Asmarabudi, General Manager Promotion dan Motorsport PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI). Dia bicara setahun lalu, katanya Yamaha akan merilis motor injeksi syarat teknologi dengan banderol terjangkau.

Ini tentu bikin pusing pesaing bermain di sport 150 cc yang betah dengan teknologi lama.

Nah, pasti penasaran kan teknologi yang diusung V-ixion. Tapi, bocorannya bukan dari pihak YMKI. Mereka belum berani buka mulut. Berarti yang baca tulisan ini dapat liputan eksklusif.
Mesin Bore Up

Secara konstruksi dan tampilan, sekilas seperti mesin bebek Yamaha Jupiter MX 135LC. Tapi, ini versi bore up. Berpendingin air dengan kapasitas silinder bersih 149,7 cc didapat dari diameter x stroke yaitu 57 x 58,7 mm. Sama dengan pembesaran diameter silinder.

Beda dikit sama MX yang 135 cc didapat dari diameter x stroke yaitu 54 x 58,7 cc. Tapi bedanya mesin V-ixion dengan injeksi bensin. Wajar jika power V-ixion 14,89 dk. Sedang MX hanya 11,33 dk.

Tentu kapasitas silinder bengkak diikuti komponen pendukung. Seperti volume oli mesin yang di MX hanya 1.000 (800 cc jika ganti) kini jadi 1,15 liter (1.000 cc jika ganti). Air pendingin juga lebih banyak 10 cc.
Electronic Fuel Injection

Yamaha tepat membidik pasar. Teknologi injeksi bensin yang belum familiar diterapkan pada motor sport yang sasarannya kalangan menengah ke atas. Jadi, nggak salah tembak gituuuu.KLIK - Detail

Disuplai trottle body dari Mikuni tipe SE AC28-I. Cukup besar memang. Sama dengan diameter venturi 28 mm. Karbu Jupiter MX cuma berventuri 22 mm. Tapi, pihak Yamaha menjamin bakal lebih terkontrol dan irit. Katanya juga, pas untuk lalu lintas perkotaan yang padat. Perawatan murah serta mudah.
4 KLEP DAN PENDINGIN AIR

Sama seperti Jupiter MX, dilengkapi 4 klep namun noken as atau kem hanya satu. Kelebihannya sedikit gesekkan. Lebih murah, efisien juga mudah dimodifikasi.

Juga menggunakan pendingin air. Ini dikarenakan mengusung mesin kompresi tinggi. Dari spek terlihat rasio kompresi 10,4 : 1. Pendingin air mampu meredam panas dari kompresi. Selin itu, tenaga maksimal, irit bensin dan suhu tetap stabil.

DIASIL SILINDER
Ini juga sama dengan teknologi MX. Silinder tanpa liner dari bahan aluminium alloy dan silicon melalui proses cetak. Meski tidak bisa oversize namun lebih keras atau tidak mudah uas. Makanya Yamaha memberi garansi 5 tahun atau 50.000 km.

PISTON FORGED
Ini juga sama seperti teknologi di MX. Menggunakan piston dengan sistem tempa atau cetak langsung jadi. Sangat kuat dan daya tahan tinggi. Makanya garansi 5 tahun atau 50.000 km.

AKI MF
Ini termasuk baru di produk Yamaha. Sebelumnya, aki di motor produksi Yamaha selalu menggunakan tipe basah. Nah, sekarang di V-ixion sudah pakai tipe kering alias MF (Maintenance Free) yan bebasa perawatan.

AR0702120002_05_5

Spesifikasi* :

MESIN:
Tipe Liquid Cooled 4-Stroke, SOHC
Susunan Silinder Forward – Inclined Single Cylinder
Volume Silinder 149.80 cc
Diameter x Langkah 57.0 mm x 58.7 mm
Perbandingan Kompresi 10.40 : 1
Tenaga Maksimum 11.10 kW @8500 rpm
Torsi Maksimum 13.10 Nm @7500 rpm
Sistem Pelumasan Wet Sump / Pelumasan Basah
Kapasitas Oli Mesin 1.15 Liter
Kapasitas Air Pendingin Tangki Recovery 0.4 Liter Total 0.79 Liter
Kapasitas Tangki Bensin 12.0 Liter
Throttle body MIKUNI SE AC28-1
Putaran Langsam Mesin 1400 ± 100 rpm
Saringan Udara Dry Element
Sistem Starter Electric Starter and Kick Starter
Kopling Wet, Multiple-Disc
Tipe Transmisi Constant Mesh 5-Speed/ Mechanical
dengan tampilan yang elegan pasti banyak peminatnya.
sumber:vixion-indonesia.com

No comments:

Post a Comment

Post a Comment